Sejarah Kopi Dunia

Sejarah Kopi

Tidak ada yang tahu persis bagaimana atau kapan kopi ditemukan, meskipun ada banyak legenda tentang asal-usulnya.



Seorang Legenda Etiopia

Kopi yang ditanam di seluruh dunia dapat melacak warisannya kembali berabad-abad ke hutan kopi purba di dataran tinggi Ethiopia. Di sana, legenda mengatakan penggembala kambing, Kaldi, pertama kali menemukan potensi dari kacang yang dicintai ini.

Cerita berlanjut bahwa Kaldi menemukan kopi setelah dia menyadari bahwa setelah memakan buah dari pohon tertentu, kambingnya menjadi sangat energetik sehingga mereka tidak ingin tidur di malam hari.

Kaldi melaporkan temuannya kepada kepala biara setempat, yang membuat minuman dengan buah beri dan menemukan bahwa itu membuatnya tetap waspada melalui jam panjang doa malam. Abbas membagikan penemuannya dengan para biarawan lain di biara, dan pengetahuan tentang beri berenergi mulai menyebar.

Ketika kata bergerak ke timur dan kopi mencapai semenanjung Arab, itu memulai perjalanan yang akan membawa kacang ini ke seluruh dunia.


Semenanjung Arab


Penanaman dan perdagangan kopi dimulai di Semenanjung Arab. Pada abad ke-15, kopi ditanam di distrik Yaman di Arab dan pada abad ke-16 dikenal di Persia, Mesir, Suriah, dan Turki.
Kopi tidak hanya dinikmati di rumah, tetapi juga di banyak kedai kopi umum - disebut qahveh khaneh - yang mulai muncul di kota-kota di Timur Dekat. Popularitas kedai kopi tak tertandingi dan orang-orang sering mengunjungi mereka untuk semua jenis kegiatan sosial.

Tidak hanya pelanggan minum kopi dan terlibat dalam percakapan, tetapi mereka juga mendengarkan musik, menonton pertunjukan, bermain catur dan terus mengikuti berita. Rumah kopi dengan cepat menjadi pusat penting untuk pertukaran informasi yang sering disebut sebagai "Schools of the Wise."

Dengan ribuan peziarah mengunjungi kota suci Mekkah setiap tahun dari seluruh dunia, pengetahuan tentang "anggur Araby" ini mulai menyebar.


Kopi Hadir ke Eropa


Wisatawan Eropa ke Timur Dekat membawa kembali cerita tentang minuman hitam gelap yang tidak biasa. Pada abad ke-17, kopi telah menyebar ke Eropa dan menjadi populer di seluruh benua.

Beberapa orang bereaksi terhadap minuman baru ini dengan kecurigaan atau ketakutan, menyebutnya sebagai "penemuan pahit Setan." Para rohaniwan setempat mengutuk kopi ketika datang ke Venesia pada 1615. Kontroversi itu begitu hebat sehingga Paus Klemens VIII diminta untuk campur tangan. Dia memutuskan untuk mencicipi minuman untuk dirinya sendiri sebelum membuat keputusan, dan menemukan minuman itu begitu memuaskan sehingga dia memberikan persetujuan paus.

Meskipun kontroversi seperti itu, kedai kopi dengan cepat menjadi pusat kegiatan sosial dan komunikasi di kota-kota besar Inggris, Austria, Perancis, Jerman dan Belanda. Di Inggris “universitas penny” bermunculan, disebut demikian karena dengan harga satu sen seseorang dapat membeli secangkir kopi dan terlibat dalam percakapan yang merangsang.

Kopi mulai menggantikan minuman sarapan umum pada saat itu - bir dan anggur. Mereka yang minum kopi daripada alkohol memulai peringatan hari itu dan bersemangat, dan tidak mengherankan, kualitas pekerjaan mereka sangat meningkat. (Kami suka menganggap ini sebagai pendahulu untuk layanan kopi kantor modern.)

Pada pertengahan abad ke-17, ada lebih dari 300 kedai kopi di London, banyak di antaranya menarik pelanggan yang berpikiran sama, termasuk pedagang, pengirim, pialang, dan seniman.

Banyak bisnis tumbuh dari kedai kopi khusus ini. Lloyd's of London, misalnya, muncul di Edward Lloyd's Coffee House.


Dunia baru


Pada pertengahan 1600-an, kopi dibawa ke New Amsterdam, yang kemudian disebut New York oleh Inggris.
Meskipun kedai kopi dengan cepat mulai muncul, teh terus menjadi minuman favorit di Dunia Baru hingga 1773, ketika para kolonis memberontak melawan pajak berat atas teh yang dikenakan oleh Raja George III. Pemberontakan, yang dikenal sebagai Pesta Teh Boston, akan selamanya mengubah preferensi minum Amerika terhadap kopi.


"Kopi - minuman favorit dari dunia yang beradab." - Thomas Jefferson


Perkebunan di Seluruh Dunia


Karena permintaan minuman terus menyebar, ada persaingan sengit untuk menanam kopi di luar Arab.

Belanda akhirnya mendapat bibit di paruh kedua abad ke-17. Upaya pertama mereka menanam mereka di India gagal, tetapi mereka berhasil dengan upaya mereka di Batavia, di pulau Jawa di tempat yang sekarang Indonesia.

Tanaman tumbuh subur dan segera Belanda memiliki perdagangan kopi yang produktif dan berkembang. Mereka kemudian memperluas penanaman pohon kopi ke pulau Sumatra dan Sulawesi.


Datang ke Benua Amerika


Pada 1714, Walikota Amsterdam mempresentasikan hadiah tanaman kopi muda kepada Raja Louis XIV dari Perancis. Raja memerintahkannya untuk ditanam di Royal Botanical Garden di Paris. Pada 1723, seorang perwira angkatan laut muda, Gabriel de Clieu memperoleh bibit dari pabrik Raja. Meskipun ada pelayaran yang menantang - lengkap dengan cuaca yang mengerikan, penyabot yang mencoba menghancurkan bibit, dan serangan bajak laut - ia berhasil mengangkutnya dengan selamat ke Martinik.
Setelah ditanam, bibit tidak hanya berkembang, tetapi dikreditkan dengan penyebaran lebih dari 18 juta pohon kopi di pulau Martinique dalam 50 tahun ke depan. Yang lebih luar biasa adalah bahwa bibit ini adalah induk dari semua pohon kopi di seluruh Karibia, Amerika Selatan dan Tengah.
Kopi Brasil yang terkenal berutang keberadaannya ke Francisco de Mello Palheta, yang dikirim oleh kaisar ke Guyana Prancis untuk mendapatkan bibit kopi. Orang Prancis tidak mau berbagi, tetapi istri Gubernur Prancis, terpikat oleh ketampanannya, memberinya buket bunga yang besar sebelum dia pergi — terkubur di dalamnya cukup biji kopi untuk memulai apa yang saat ini merupakan industri bernilai miliaran dolar.

Misionaris dan wisatawan, pedagang dan koloni terus membawa biji kopi ke lahan baru, dan pohon kopi ditanam di seluruh dunia. Perkebunan didirikan di hutan tropis yang megah dan di dataran tinggi pegunungan yang terjal. Beberapa tanaman tumbuh subur, sementara yang lain berumur pendek. Negara-negara baru didirikan di ekonomi kopi. Kemakmuran dibuat dan hilang. Pada akhir abad ke-18, kopi telah menjadi salah satu tanaman ekspor paling menguntungkan di dunia. Setelah minyak mentah, kopi adalah komoditas yang paling dicari di dunia.


Masuk ke Indonesia


Sejarah kopi yang ada di Indonesia tidak lepas dari peran Belanda sebagai penjajah. Hal ini dikarenakan bibit kopi pertama yang dibawa ke Indonesia merupakan bawaan dari pemerintah Belanda. 

Pada saat itu seorang warganegara Belanda bernama Zwaardecroon, membawa beberapa benih tanaman dari Mekkah ke BogorIndonesia. Dan, menjadi tanaman komoditas terpenting di Hindia Belanda.

kata “kopi” diadaptasi dari istilah Arab melalui bahasa Belanda “koffie”. Dugaan yang logis karena Belanda yang pertama kali membuka perkebunan kopi di Indonesia. Tapi tidak menutup kemungkinan kata tersebut diadaptasi langsung dari bahasa Arab atau Turki. Mengingat banyak pihak di Indonesia yang memiliki hubungan dengan bangsa Arab sebelum orang-orang Eropa datang.

Salah satu pembudidayaan kopi oleh penjajah Belanda saat itu dilakukan di Pulau Jawa. Untuk masa tertentu kopi dari Jawa sempat mendominasi pasar kopi dunia. Saat itu secangkir kopi lebih populer dengan sebutan “Cup of Java”, secara harfiah artinya “secangkir Jawa”.

Selanjutnya tanaman kopi ini dijadikan bibit bagi seluruh perkebunan yang dikembangkan di Indonesia. Belanda pun memperluas areal budidaya kopi ke Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor dan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Pasca kemerdekaan Indonesia tahun 1945, seluruh perkebunan kopi Belanda yang ada di Indonesia dinasionalisasi. Sejak itu Belanda tidak lagi menjadi pemasok kopi dunia.

Sejak kemerdekaan hingga saat ini kopi menjadi sangat populer di Indonesia. Kopi Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi.

Sumber : http://www.ncausa.org

Comments

Popular Posts